Cari ...

09 November 2016

Kerajaan - kerajaan di Mandailing

Mandailing secara umum dikelompokkan atas tiga wilayah geografis : Mandailing Jae, Mandailing Godang dan Mandailing Julu.

Mandailing Jae dan Mandailing Godang diperintah oleh raja. Raja tersebut berkuasa secara turun temurun. Wilayah kerajaannya mulai dari lingkup desa sampai gabungan beberapa desa. Secara tradisional, raja dan pembantunya dipanggil sebagai Namora-Natoras.



Selain itu, ada juga yang membagi Mandailing atas dua kelompok besar, yakni Mandailing Godang dan Mandailing Julu. Mandailing Godang didominasi marga Nasution. Mereka menempati kawasan yang berbatasan dengan Sihepeng (sebelah utara), Maga (sebelah selatan), dan Muarasoma serta Muara Parlampungan (sebelah barat).

Sedangkan, Mandailing Julu didominasi oleh marga Lubis. Mereka menempati kawasan mulai Laru dan Tambangan sampai Pakantan dan Hutagodang.

Selain marga Nasution dan Lubis, Mandailing juga didiami marga Pulungan, Rangkuti, Batubara, Daulay, Matondang, Parinduri, Hasibuan, dan lain-lain. Sekalipun marga-marga ini berbeda masuknya ke Mandailing, tetapi tidak ada yang mau disebut sebagai warga pendatang. Semuanya merasa sebagai penduduk asli Mandailing.