Cari ...

25 Januari 2016

Inilah Penyebab Lemahnya Kesabaran Seseorang!


Radar Mandailing

Banyak umat manusia yang ternyata tidak sabar ketika menghadapi suatu masalah. Kesabaran yang dimilikinya itu sangat terbatas atau sangat sempit.Apa yang menyebabkan lemahnya kesabaran seseorang itu? Antaranya adalah :

1* Ilmu Pengetahuan

Ilmu pengetahuan yang dimiliki seseorang sangat mempengaruhi sifat seseorang dalam menghadapi kehidupan ini. Seseorang yang pengetahuannya dangkal biasanya mempunyai sifat yang kurang sabar karena yang banyak bekerja adalah emosinya.

2* Faktor Lingkungan

Seseorang di dunia ini tidak dapat dilepaskan dari lingkungan tempat tanggalnya. Sifat sabar seseorang sangat di pengaruhi oleh faktor lingkungan.

Biasanya, orang yang tinggal dilingkungan agamis secara tidak langsung akan lebih sabar daripada orang yang tinggal dilingkungan pasaran.

3* Pola Pikir Negatif

Pola pikir seseorang juga sangat berpengaruh terhadap sifat sabar yang dimilikinya, karena pola pikir yang negatif berpengaruh besar terhadap perilaku.
Umpamanya, seseorang sering berkata bahwa dirinya sudah tidak bisa menahan lagi.
Kesabaran Seseorang sebetulnya tidak ada batasnya, akan tetapi seseorang itu sendiri yang selalu membatasinya.

4* Wawasan Yang Sempit

Wawasan yang sempit secara otomatis mempengaruhi kesabarannya. Orang yang cenderung kurang mendapatkan informasi maka tingkat kesabarannya juga sangat terbatas.
Seringkali orang yang dengan keterbatasan informasi akan mengambil keputusan yang gegabah dan salah.
Seandainya, dia mempunyai informasi yang lengkap maka dia akan berpikir lebih bijaksana dan tenang.

5* Pengalaman

Bila seseorang dan keinginan untuk mewujudkannya, maka pengalaman sangat diperlukan karena dengan pengalaman itu seseorang akan meningkatkan kesabarannya.
Keterbatasan seseorang untuk mewujudkan suatu ide disebabkan oleh pengalamannya yang masih kurang.